04 April 2009

Al Qur'an Terbesar dan Tertua

Solo - Sebuah Al Quran langka tersimpan di Masjid Fatimah Solo, Jawa Tengah. Selain ukurannya yang besar, seluruh hurufnya ditulis dengan prada emas, sedangkan covernya terbuat dari kulit unta. Al Quran tersebut juga telah berusia ratusan tahun.

Inilah Al Quran terbesar yang terdapat di kota Solo. Dalam keadaan terbuka kitab suci ini berukuran panjang 1,50 meter dan lembar 2,50 meter. Sedang tebal Al Quran ini mencapai 30 centimeter dengan berat sekitar 200 kilogram.

Dalam 2 tahun terakhir, kitab suci ini tersimpan di Masjid Fatimah Singasaeng Solo. Menurut Wati Bambang, Pengurus Taqmir Masjid Fatimah, Al Quran ini merupakan warisan dari seorang pengusaha di Solo dan konon dibuat pada zaman pemerintahan Pakubuwono ke X dari Keraton Surakarta sekitar tahun 1800 an.

Seluruh huruf Al Quran ini merupakan hasil tulisan tangan dan ditulis dengan mengunakan prada atau tinta emas. Sedangkan covernya terbuat dari kulit unta yang khusus didatangkan dari Arab.

Meski telah berusia ratusan tahun, namun bukan berarti Al Quran ini hanya sebagai barang panjangan. Setiap hari terutama menjelang waktu berbuka puasa, Al Quran ini selalu dibaca. Ukuran hurufnya yang memang besar memudahkan bagi siapa saja untuk ayat-ayat didalamnya meski mereka harus membaca sambil berdiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih...

 

Get a playlist! Standalone player Get Ringtones!